SDN 003 Gelar Pengibaran Bendera Layaknya di Istana Negara

oleh -2.143 views
Pengibaran Bendera Merah Putih di SDN 003 Nunukan dalam rangka Peringatan HUT RI ke 73 / Reno Aldian

PERSPECTIVEE.ID – Lentingan suara Proklamator Republik Indonesia (RI) Soekarno 73 Tahun lalu tentunya tak bisa hilang dari ingatan, momen dimana Indonesia benar-benar bebas dari belenggu penjajah kala itu, namun tak jarang masih banyak kalangan yang lupa akan sejarah bangsanya.

Momen 17 Agustus tentunya menjadi semangat baru bagi para generasi penerus bangsa, acara meriah di kampung-kampung hingga acara sakral upacara bendera diberbagai instansi acap kali dilakukan, terutama dilingkungan para pelajar.

Sama halnya dengan upacara bendera yang berlangsung di SDN 003 Nunukan yang berlangsung khidmat. Paskibra cilik, paduan suara, serta kostum kedaerahan dikemas menjadi satu layaknya sedang berada di Istana Negara, uniknya semua petugas upacara adalah gabungan dari berbagai SD di Nunukan.

Tak ketinggalan, tamu undangan dari TNI, ASN, serta Tokoh pemuda KNPI maupun kader Bela Negara juga ikut serta menyemarakkan upacara yang sedang berlangsung.

Seketika upacara yang diprakarsai oleh Karang Taruna Kabupaten Nunukan serasa mencekam, bagaimana tidak, dentingan suara sirine, mortir hingga suara pesawat tempur pada detik-detik proklamasi kembali di perdengarkan melalui sound system, sontak para peserta maupun tamu undangan seolah kembali ke masa silam.

Ketua Karang Taruna Nunukan Madris menuturkan, peringatan upacara pengibaran bendera yang dilakukan memang sengaja dikemas berbeda, pasalnya melihat kondisi masyarakat Nunukan saat ini jiwa nasionalismenya terhitung minim.

“Kita kemas berbeda, dan saya rasa ini satu-satunya di Nunukan. Dimana kita melibatkan tujuh SD, dan juga menyisipkan detik-detik proklamasi kedalam upacara,” ungkapnya.

Lanjut dijelaskan olehnya bahwa pesan tersirat dalam peringatan momen ini adalah bagaimana memupuk jiwa nasionalisme generasi penerus bangsa sejak dini. Menurutnya jika hal tersebut telah mengakar pada jiwa anak-anak, tentu akan melekat hingga usia dewasa.

Sejalan dengan hal tersebut Danramil Nunukan Kapten Budi Indri M menuturkan, sejatinya saat ini generasi penerus bangsa khususnya anak-anak sekolah memang sepantasnya memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi merebut kemerdekaan.

“Upacara seperti ini adalah salah satu langkah yang tepat, sementara itu selain menjadi kader bela Negara. Tentunya peran serta orang tua dalam hal ini juga sangat dibutuhkan,” singkatnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Nunukan Tamara Moriska juga memberi apresiasi yang sangat besar kepada para anak-anak yang bertugas menjalankan upacara. Menurutnya upacara tersebut berbeda dengan upacara lainnya seperti peringatan upacara yang digelar di Kantor Bupati Nunukan.

“Saya terharu pas paduan suara menyanyikan lagu Indonesia Raya, memang tidak semerdu biasanya, namun saya melihat semangat mereka hingga meneteskan air mata,” ujarnya

Sementara itu, Kepala SDN 003 Hj. Najemawati mengapresiasi sepenuhnya kegiatan yang melibatkan sekolah tersebut, besar harapannya agar generasi penerus bangsa dibawah bimbinganya dapat mengisi pembangunan kedepannya serta tak lupa akan jasa-jasa pahlawan yang telah gugur di masa lalu.

“Semoga jiwa Nasionalisme anak-anak kita tertancap kuat sehingga jasa para pahlawan yang telah gugur selalu terkenang sepanjang masa,” tutupnya.

Penulis: Reno Aldian
Editor  : Diansyah